Klinik Patologi Anatomi

Apa Itu Pemeriksaan Patologi Anatomi?

Patologi berasal dari bahasa latin pathos (penyakit) dan logos (ilmu), berarti patologi adalah ilmu yang mempelajari penyakit dan proses terjadinya penyakit. Sedangkan anatomi berasal dari bahasa Yunani anatomia, dari anatemnein, yang berarti memotong.

Jadi patologi anatomi adalah ilmu yang mempelajari suatu penyakit berdasarkan pemeriksaan makroskopis dan mikroskopis terhadap sel, jaringan, dan organ tubuh.
Patologi anatomi dianggap sebagai salah satu cabang diagnostik kedokteran bersama dengan radiologi dan spesialisasi patologi lainnya (misalnya, patologiklinik dan mikrobiologi).

Adapun pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium patologi anatomi antara lain histopatologi (jaringan) dan sitologi (cairan).Histopatologi yang melibatkan pemeriksaan jaringan utuh dari biopsi atau operasi di bawah mikroskop. Ini sering dibantu oleh penggunaan teknik pewarnaan khusus dan tester kait lainnya, seperti imuno histokimia yang menggunakan anti bodi untuk mengidentifikasi berbagai komponen jaringan.

Sitologi yang merupakan pemeriksaan sel tunggal atau kelompok kecil sel dari kerokan atau aspirasi cairan di bawah mikroskop. Pemeriksaan sitologi digunakan membuat diagnosa dengan cara memeriksa sel yang lepas dari jaringan tubuh, misalnya pemeriksaan Pap Smear, Sitologi Cairan, bilasan, dll.
 

Kenapa  Melakukan Pemeriksaan Patologi Anatomi?

Pemeriksaan patologi anatomi dilakukan untuk mendiagnosis penyebab penyakit tertentu, berbagai jenis tumor atau kanker, benjolan dileher, payudara ataupun bagian tubuh lainnya serta mengevaluasi kondisi lain seperti infeksi dan efeknya ketubuh dalam membantu pilihan terapi yang akan diberikan oleh klnisi.

Terkait pengobatan dan perawatan, pemeriksaan patologi anatomi menjadi sangat penting. Ini dilakukan untuk memberikan diagnosis definitif yang memungkinkan dokter untuk memberikan saran dan pengobatan paling tepat untuk pasien dan kemungkinan perjalanan penyakit.

 

Pemeriksaan Patologi Anatomi apa saja yang dapat dilakukan di RS Kristen Ngesti Waluyo?

1. Aspirasi Jarum Halus (AJH) / Fine Needle Aspiration (FNA) superfisial. Dapat dilakukan pada semua lesineo plastik maupun non-neo plastik.

2. AJH dengan panduan USG dan CT-Scan, AJH dengan panduan USG dapat dilakukan pada lesi dicurigai neo plastik dengan ukuran diameter kecil, massa kistik, massa sangat besar, letak dalam.

3. Sitologi ginekologi yang dapat dikerjakan berupa slide papsmear, vaginal smear, cairan dari lesi kistik genetalia eksterna (neo plastik maupun non-neoplastik).

4. Sitologi non-ginekologi berupa:cairan ascites, efusi pleura, urine, cairan kista dan sebagainya.

 

Di mana Melakukan Pemeriksaan Patologi Anatomi?

Dokter atau ahli medis kesehatan akan memberikan rekomendasi lokasi untuk kamu melakukan tes medis. Pemeriksaan anatomi dilakukan di rumah sakit yang memiliki laboratorium patologi anatomi. Kamu bisa langsung memeriksaan diri kedokter yang kamu butuhkan di rumah sakit pilihan kamu (Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo)